Sabtu, 30 Juli 2011

Dunia Fitness

Latih Biceps Anda dengan Latihan Piramid

June 1, 2011 by  
Filed under Articles, Featured
Latihan piramid untuk bentuk biceps anda
Latihan piramid menambah variasi dan tantangan baru untuk rutinitas latihan Anda. Jika Anda telah melatih bicep menggunakan pola latihan yang sama selama jangka waktu yang lama, dan Anda belum melihat hasilnya, maka ini adalah saatnya membuat perubahan.
Latihan piramid memberikan tantangan pada biceps Anda dengan beban berat dan ringan, repetisi tinggi dan rendah. Ini akan memberikan Anda manfaat lebih besar daripada berlatih hanya dengan satu metode, seperti selalu menggunakan beban berat dan repetisi sedikit.
Latihan Biceps
Langkah pertama untuk melakukan latihan piramid untuk biceps adalah memilih latihan yang sesuai. Resistance band atau chinups kurang tepat karena Anda tidak bisa membuat sedikit perubahan pada intensitas Anda. Dumbbell curl, Olympic bar curl, atau incline curl adalah latihan biceps yang sesuai dengan prinsip latihan piramid. Masing-masing latihan tersebut mengisolasi biceps dan memungkinkan Anda untuk mengubah berat beban Anda dalam jumlah yang sangat kecil, baik dengan mengganti dumbbell yang lebih berat ataupun dengan menambahkan plate kecil di tiap sisi bar. Latihan yang Anda pilih harus menjadi salah satu latihan yang bisa Anda lakukan dengan teknik dan gerakan yang sempurna.
Berat Beban
Biceps termasuk otot kecil jika dibandingkan dengan otot-otot besar lainnya. Oleh karena itu, kenaikan berat beban akan lebih dramatis untuk latihan biceps daripada latihan punggung, kaki, atau dada. Menambah beban seberat 1 kg untuk bench press atau squat mungkin hampir tidak terlihat, tetapi itu bisa membuat banyak perbedaan dalam latihan biceps. Jika, misalnya, Anda lakukan 12 kali bicep curl dengan berat beban 5 kg, kemudian Anda menggunakan dumbbell seberat 6 kg, maka seharusnya Anda tidak akan dapat menyelesaikan 12 repetisi. Anda harus melakukan repetisi lebih sedikit bahkan meskipun hanya menambah berat beban dalam jumlah sangat kecil.
Variabel
Latihan piramid menggunakan beberapa set per sesi. Pada setiap set, Anda meningkatkan berat beban dan pada beberapa set Anda mengurangi repetisi. Contohnya adalah untuk melakukan 15 kali incline curl pada berat beban yang terasa ringan untuk Anda. Pada set kedua, tingkatkan berat beban yang paling mampu Anda angkat untuk melakukan 15 repetisi. Pada set ketiga, tingkatkan berat beban lagi, tetapi hanya lakukan 12 repetisi. Untuk set berikutnya, kurangi repetisi Anda menjadi 8 dan tingkatkan berat bebannya lagi. Untuk set terakhir, tetap dengan 8 repetisi dan tingkatkan berat beban yang terakhir.
Latihan piramid efektif untuk meningkatkan pertumbuhan otot yang lebih besar dan untuk melatih ketahanan otot. Latihan yang mampu membuat otot Anda terus berkembang akan membentuk otot biceps Anda yang besar. Latihan ketahanan otot membuat biceps Anda dapat berkontraksi lebih sering dan lebih lama. Gunakan repetisi yang lebih tinggi untuk meningkatkan ketahanan otot, misalnya 12 repetisi atau lebih dari itu. Repetisi yang lebih rendah dari itu cenderung lebih efektif untuk meningkatkan ukuran biceps Anda. Selamat berlatih!

Latihan Dada Bagi Wanita

April 26, 2011 by  
Filed under Featured, Fitness for Women
Latihan dada bagi wanita
Artikel latihan dada bagi wanita ini akan membantu Anda mengencangkan dan memperkuat otot-otot dada untuk menjaga ataupun membentuk postur tubuh tetap ideal. Latihan dada merupakan salah satu latihan terbaik bagi wanita untuk memperbaiki postur tubuh, memperkuat otot bahu, dan mengencangkan payudara.
Berikut ini adalah panduannya:
Inchline Push Up
Cara melakukannya:
  • Posisi berbaring di mesin incline bench.
  • Posisi telapak kaki kuat menempel pada table.
  • Buka dan rentangkan kaki sejajar dengan panjang lengan.
  • Kedua tangan memegang dumbbell.
  • Angkat dumbbell dengan meluruskan lengan, pastikan posisi suku tidak tertekuk.
  • Tahan posisi selama satu menit
  • Turunkan dumbbell di samping tubuh.
  • Ulangi sebanyak 6 repetisi.
Push Up
Cara melakukannya:
  • Posisi berbaring di lantai.
  • Luruskan kaki dan tekuk lengan.
  • Posisi telapak tangan menghadap ke bawah, dekat dengan dada.
  • Angkat tubuh dari atas tanah, dengan kaki dan tangan menekan secara bersamaan.
  • Posisi tangan berada di bawah bahu.
  • Tahan posisi beberapa detik.
  • Turukan tubuh dengan menekuk siku.
  • Jeda selama beberapa detik, dan ulangi 8 repetisi.
Chest Press with Resistance Band
Cara melakukannya:
  • Bungkus resistensi band di dekat tiang dan berdiri di depannya.
  • Regangkan band dan posisikan diri sedikit di depan tiang, sampai ketegangan terasa pada band.
  • Rentangkan kedua lengan dan tarik band ke depan dengan telapak tangan menghadap ke bawah.
  • Perlahan-lahan kendurkan ketegangan pada band.
  • Ulangi 10 repetisi.
Push Up with Medicine Ball
Cara melakukannya:
  • Posisi berbaring di lantai, lakukan posisi push up.
  • Tekuk lutut.
  • Posisi tubuh harus dalam satu garis lurus.
  • Satu tangan fokus pada bola dan tangan lainnya di lantai untuk mengangkat tubuh.
  • Dorong bola dengan tangan memegang tangan lainnya, dan rendah tubuh.
  • Lakukan latihan pada sisi tangan lainnya.
  • Ulangi latihan sebanyak enam repetisi.
Ball Chest Fly
Cara melakukannya:
  • Duduk di bola stabilitas.
  • Perlahan memutar kebawah (posisi berbaring).
  • Sandarkan kepala di dinding.
  • Tempatkan tubuh bagian atas pada bola stabilitas.
  • Tekuk pergelangan kaki hingga mata kaki berada di bawah lutut.
  • Angkat pinggul dengan menjaga postur tubuh tetap lurus.
  • Kedua tangan memegang dumbbell dengan telapak tangan saling berhadapans.
  • Angkat kedua lengan lurus ke atas.
  • Tahan posisi selama satu menit, kemudian turunkan dumbbell perlahan.
  • Ulangi sebanyak 6 repetisi.
Lakukan setiap jenis latihan ini dengan gerakan dan postur yang tepat sesuai panduan agar latihan Anda memberikan hasil optimal. Jaga kebugaran sekaligus kencangkan otot dada Anda dengan latihan ini. Selamat berlatih!

Manfaat Latihan Kettlebell Bagi Anda

March 10, 2011 by  
Filed under Articles, Featured
Manfaat latihan kettlebell bagi anda (besar)
Latihan menggunakan kettlebell adalah salah satu rutinitas yang mudah dan menyenangkan. Latihan ini bisa dilakukan secara fleksibel baik di rumah maupun gym, Anda juga bisa membawa kettlebell saat melakukan perjalanan jauh.
Jika Anda menginginkan program latihan berjalan lebih efektif, masukkan latihan kettlebell ke dalam rutinitas latihan Anda. Kettlebell adalah sebuah bola berat yang dilengkapi dengan pegangan untuk memudahkan Anda melakukan gerakan mendorong, mengangkat, dan mengayun yang unik. Berat kettlebell sangat bervariasi mulai dari 4 kg (untuk pemula) sampai 79 kg (untuk yang terlatih).
Latihan kettlebell merupakan salah satu alternatif ketika Anda mulai merasa jenuh dengan latihan rutin lainya. Kettlebell akan membuat seluruh tubuh Anda melakukan gerakan, mengayun, dan lebih fokus pada pengendalian gerakan, bukan sekedar melakukan repetisi.
Latihan Kettlebell Dan Pengaruhnya Bagi Tubuh
Seperti sudah disebutkan bahwa kettlebell memiliki variasi berat. Perbedaan berat ini berfungsi untuk melatih dan mengembangkan otot-otot yang berbeda. Tetapi secara umum latihan ini berdampak bagi sejumlah otot tubuh utama. Bola latihan yang unik ini merupakan satu-satunya peralatan olahraga yang memungkinkan Anda untuk meningkatkan fleksibilitas dan kreativitas dengan variasi gerakan.
Latihan kettlebell menggabungkan kedua prinsip cardio dan angkat berat dalam satu paket latihan. Seluruh tubuh akan bergerak ketika Anda melakukan gerakan mengayun. Gerakan mengayun ini membuat detak jantung meningkat, termasuk latihan kardio.
Untuk menstabilkan tubuh saat Anda melakukan gerakan berayun dari kettlebell dan berat, makan tulang belakang dan punggung bawah Anda harus tetap kokoh. Latihan ini juga akan membuat secara tidak sadar melakukan laithan squats dan lunges pada saat mengayunkan bola. Hal ini merupakan cara terbaik untuk membentuk otot kaki dan betis yang sempurna.
Kettlebell adalah pilihan tepat bagi Anda yang agak malas berlatih ke gym, Cobalah gunakan peralatan sederhana ini untuk mendapatkan latihan yang nyaman, praktis, dan menyenangkan.
Carbo Booster

Pernah Mengalami Nyeri Siku Akibat Latihan?

March 7, 2011 by  
Filed under Articles, Featured
Nyeri siku akibat latihan
Bagi Anda yang telah lama berlatih di gym, keluhan nyeri pada bagian tubuh tertentu adalah hal yang biasa. Mungkin Anda dan beberapa teman gym Anda pernah mengalami salah satu keluhan yang sering terjadi yaitu nyeri pada siku.
Apakah Saya Mengalami Nyeri Siku Akibat Latihan?
Untuk mendiagnosis keluhan pada bagian siku yang terjadi secara terus-menerus, hubungilah dokter agar Anda mengetahui dengan pasti apa yang terjadi pada tubuh Anda. Tetapi sebagai awal untuk mengenali gejala dan keluhan nyeri siku, cobalah untuk melakukan pengujian sederhana sebagai berikut:
  1. Berdiri dengan posisi tangan di samping tubuh.
  2. Apakah Anda merasakan ada yang salah dengan posisi tangan?
  3. Tekuk tangan Anda.
  4. Sekarang luruskan dan putar telapak tangan Anda.
  5. Apakah Anda merasakan tekanan dan nyeri di daerah siku karena gerakan memutar itu?
Apa yang Salah dari Latihan Saya?
Jika Anda menggunakan straight bar saat latihan dan muncul rasa sakit pada siku, mungkin inilah penyebab semua keluhan Anda. Cara terbaik untuk menghindari keluhan ini adalah dengan latihan menggunakan EZ bar, yang dibuat khusus dan disesuaikan dengan kontur sudut lekukan tangan.
Berikut ini adalah rekomendasi alternatif latihan yang melibatkan siku:
  1. Gunakan EZ bar daripada straight bar untuk melakukan latihan curl.
  2. Gunakan overhand grip daripada underhand grip saat melakukan Bent Over Row.
Jika gym Anda tidak memiliki EZ bar, gunakan dumbbell sebagai alternatif. Yang perlu Anda ingat adalah bahwa artikel ini tidak melarang Anda untuk melakukan latihan lainnya. Terus lakukan latihan Anda secara normal jika tidak memiliki masalah nyeri siku. Lakukan rekomendasi dalam artikel ini jika Anda merasakan keluhan pada siku saat latihan.
Jangan lupa untuk berkonsultasi kepada dokter dan ahli terapi agar Anda mendapatkan diagnosa yang tepat tentang keluhan yang Anda alami. Siku adalah salah satu bagian tubuh yang penting untuk menopang beban latihan Anda. Jagalah kesehatan siku dengan sebaik mungkin. Selamat berlatih!
Glutapure

Latihan Superset Untuk Tubuh Bagian Atas

January 5, 2011 by  
Filed under Articles, Featured

Superset merupakan latihan dengan level menengah atau lanjutan dengan target tubuh bagian atas seperti dada, punggung, bahu, bicep dan tricep. Dalam latihan ini, Anda akan melakukan superset. Melakukan dua latihan secara bergantian yang menargetkan otot-otot yang sama untuk latihan yang lebih efisien dengan tantangan yang cukup menarik.
Persiapan Sebelum Latihan Superset
Seperti halnya latihan lainnya, sebelum melakukan latihan superset ini, ada hal yang harus Anda perhatikan, antara lain dengan melakukan pemanasan dengan latihan kardio selama beberapa menit. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam latihan superset ini bagi Anda yang masih tergolong pemula maupun Anda yang sudah termasuk dalam level intermediate maupun advanced.
Bagi pemula, mulailah latihan ini dengan melakukan latihan dasar dengan beban yang ringan sampai menengah. Sedangkan untuk level intermediate atau advanced, lakukan satu set latihan superset pada setiap jenis latihan dan ulangi set latihan tersebut sebanyak 2-3 kali. Dan jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki cedera.
Menu Latihan Superset Untuk Tubuh Bagian Atas
Beberapa latihan superset yang bisa Anda lakukan untuk tubuh bagian atas Anda antara lain:
Anda bisa variasikan berbagai latihan superset ini untuk meningkatkan hasil latihan Anda juga untuk mencegah Anda dari kebosanan terhadap rutinitas latihan Anda.
BCAA

Tetap Fit Saat Bekerja (Bagian 2)

December 22, 2010 by  
Filed under Articles, Featured
Tetap Fit Saat Bekerja
Beberapa waktu yang lalu telah dibahas hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk melakukan berbagai latihan yang simple tetapi sangat bermanfaat untuk agar tetap fit saat bekerja di kantor. Kali ini Anda juga akan mengetahui latihan lainnya yang bisa Anda lakukan dengan bantuan kursi kerja Anda di kantor, juga latihan untuk tubuh bagian atas serta perut Anda. Anda bisa menemukan semuanya dalam artikel berikut ini.
Latihan Dengan Kursi
  • Chair Squat: Duduklah di kursi. Angkat tubuh Anda sampai pinggul seakan-akan melayang di atas kursi. Lanjutkan hingga posisi Anda berdiri. Rentangkan lengan untuk mendapatkan keseimbangan. Tahan selama 2-3 detik. Ulangi sebanyak 16 repetisi.
  • Dips: Pastikan kursi yang Anda gunakan stabil. Kemudian tempatkan satu tangan tempat di samping pinggul. Gerakkan pinggul di depan kursi dan tekuk siku, turunkan tubuh hingga posisi siku 90 derajat. Dorong kembali ke atas dan ulangi sebanyak 16 repetisi.
  • One-Leg Squat: Pastikan kursi yang digunakan stabil dan ambil satu kaki sedikit berada di depan kaki yang satunya. Gunakan tangan seperti ketika push up sampai posisi Anda menjadi one-legged squat. Melayang di atas kursi dan jaga agar kaki yang lain tetap di lantai untuk keseimbangan. Turunkan dan ulangi sebanyak 12 repetisi.
Latihan Tubuh Bagian Atas
  • Front Raise to Tricep Press: Duduk dengan level tinggi dengan abs dan pegang botol berisi air di tangan kiri. Angkat botol sampai setinggi bahu, tahan, dan kemudian lanjutkan mengangkat sampai ke atas kepala. Ketika lengan berada di sebelah telinga, tekuk siku Anda, angkat botol air di belakang Anda dan rasakan tricep berkontraksi. Luruskan lengan dan turukan perlahan. Ulangi sebanyak 12 repetisi pada setiap lengan.
  • Bicep Curl: Pegang botol air di tangan kanan dan, dengan abs dan punggung lurus, angkat botol ke arah bahu sebanyak 16 repetisi. Ulangi pada lengan lainnya.
Ab Exercise
  • Side Bend: Pegang sebotol air dengan kedua tangan dan regangkan di atas kepala. Posisi lengan lurus. Tekuk secara perlahan ke arah kiri sejauh yang Anda bisa, abs akan berkontraksi. Kembalilah ke posisi awal dan ulangi ke kanan. Selesaikan sebanyak 10 repetisi.
  • Ab Twist: Pegang botol air setinggi dada. Pertahankan lutut dan pinggul di depan, putar dengan lembut ke arah ke kiri sejauh yang Anda bisa, rasakan kontraksi pada abs Anda. Putar kembali ke tengah dan bergerak ke kiri untuk total sebanyak 10 repetisi. Jangan memaksa terlalu berat karena dapat menyebabkan cedera punggung, lakukan secara lembut dan santai.
Nah, tidak sulit bukan? Sekarang Anda hanya tinggal menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari selama bekerja di kantor. Cobalah untuk mencuri waktu latihan selama di kantor. Pastikan Anda tetap bugar, tetap fit, tetap sehat meskipun pekerjaan sangat menyibukkan.
Daily Complete

Tetaplah Berlatih Push Up!

November 8, 2010 by  
Filed under Articles, Featured
Tetaplah berlatih Push Up!
Setiap hari Anda pergi ke gym, bergantian mencoba berbagai alat dengan gerakan dan teknik yang berbeda. Bagaimana jika ternyata ada latihan yang lebih menantang daripada yang Anda lakukan sekarang? Keuntungannya adalah Anda dapat melakukan di rumah tanpa alat yang mahal.
Push Up! Banyak orang melakukan latihan bench press atau butterflies, tetapi mengabaikan push up. Latihan Push Up memiliki pengaruh merata pada seluruh bagian tubuh. Seluruh otot tubuh akan bekerja dan mendapatkan dampak yang bersamaan saat Anda melakukannya. Banyak orang yang mengatakan “Push up terlalu mudah bagi saya, apakah tidak ada tantangan lain?” Push up, seperti semua latihan, memiliki variasi yang membuatnya menjadi lebih sulit dan tentunya menantang. Berikut hal yang bisa Anda lakukan agar push up menjadi lebih menantang sehingga Anda tetap menyukai melakukan latihan yang satu ini.
  1. Lebar Tangan
    Posisi tangan dapat mengubah tingkat kesulitannya. Anda dapat memulai dari posisi normal, posisi tangan sedikit lebih lebar dari lebar bahu. Rasakan peningkatan kesulitan pada setiap repetisinya.
  2. Ketinggian Kaki
    Tentu saja mudah saat Anda melakukan push up yang normal dengan tangan dan kaki menyentuh tanah. Apakah Anda pernah mencoba push up dengan kaki di udara atau menempel di tembok? Semakin tinggi posisi kaki Anda, maka push up akan semakin menantang Anda.
  3. Daya Tahan
    Seperti halnya latihan lain, Anda dapat menambahkan tekanan pada push up! Salah satunya dengan memakai rompi berisi pemberat, atau menambahkan beban lainnya. Atau Anda bisa menempatkan rantai di punggung Anda, atau gunakan pemberat lainnya di tangan dan kaki Anda. Semakin banyak Anda mendorong, push up akan semakin sulit, sulit dan sulit!
  4. Pliometrik
    Coba versi pliometrik, untuk menambah daya ledak Anda. Lakukan push up seperti biasa. Tetapi, saat akan mendorong ke atas, lakukan sekuat tenaga agar tubuh bagian atas Anda terdorong ke udara, kemudian tepukkan tangan Anda! Hal ini akan membuat push up Anda lebih menantang!
Beta-K
Sekarang Anda sudah tahu apa saja yang dapat Anda variasikan pada latihan push up. Apakah Anda masih meremehkan push up sebagai latihan ringan? Cobalah lakukan inovasi dan variasi push up lainnya agar Anda tetap termotivasi melakukannya.

Tingkatkan Kekuatan Angkatan Bench Press Anda

October 15, 2010 by  
Filed under Articles, Featured
Tingkatkan Beban Angkatan Bench Press Anda
Aktifkan Otot Besar Untuk Tambah Berat Beban Bench Press
Meningkatkan berat bench press dengan meningkatkan kontraksi kelompok otot besar akan meningkatkan power yang dihasilkan pada otot utama yang terlibat saat melakukan latihan bench press.
Salah satu tips latihan bench press yang paling penting adalah untuk menjaga kontraksi seluruh tubuh melalui durasi angkatan. Konsep sederhana ini dapat meningkatkan kekuatan bench press secara langsung, terutama jika kelompok terbesar otot tubuh mengalami kontraksi yang terkonsentrasi. Karena sistem saraf bekerja melalui sistem kabel, kontraksi otot di dekatnya dapat merangsang otot-otot untuk bekerja lebih keras.
Kontraksi yang kuat dalam beberapa kelompok otot dapat mengurangi hambatan sistem saraf yang dapat mengurangi kekuatan. Mengaktifkan otot inti dapat meningkatkan berat yang digunakan dan membuat latihan bench press Anda lebih efektif.
Aktifkan Latissimus Dorsi Untuk Tingkatkan Kekuatan Bench Press
Otot pertama yang perlu dipertimbangkan dalam menggunakan teknik bench press adalah latissimus dorsi. Latissimus dorsi sebenarnya berarti “otot punggung terluas” dan mengkontraksikan otot ini dalam bench press memiliki dampak luas dalam peningkatan kekuatan angkatan Anda.
Karena merupakan otot besar, kontraksi yang lebih besar akan mengaktifkan otot utama bench press, yaitu otot pectoralis dan tricep. Selain itu, kontraksi latissimus dorsi akan menjaga bahu tetap stabil dan memungkinkan kekuatan yang lebih tinggi.
Aktivasi Glute dan Teknik Bench Press
Otot-otot penting berikutnya untuk meningkatkan bench press Anda adalah glutes atau otot pantat. Sebagai otot terbesar tubuh, glutes dapat mengaktivasi otot-otot utama bench press dengan lebih kuat. Selain itu, kontraksi glutes membantu menyokong punggung bawah, mempertahankan posisi tulang belakang yang kuat dan mencegah cedera.
Tingkatkan Berat Bench Press Dengan Tekanan Intraabdominal
Sama pentingnya dengan latissimus dorsi, otot-otot perut penting untuk meningkatkan kekuatan bench press Anda. Kontraksi otot-otot perut mengurangi hambatan kekuatan dalam beberapa cara. Seperti glutes dan lats, mengaktifkan otot-otot perut besar akan menginduksi kontraksi lebih kuat dari otot-otot lain. Selain itu, menguatkan perut Anda akan meningkatkan kekuatan total dengan meningkatkan tekanan intraabdominal. Merangsang reseptor tekanan di perut bakan mengurangi hambatan sistem saraf pusat, sehingga meningkatkan kekuatan dengan signifikan.
Mengaktifkan kelompok otot besar seperti lats, glutes, dan abs memiliki dampak besar pada kekuatan Anda. Sinyal saraf ke otot pun dapat ditingkatkan oleh kontraksi otot di dekatnya. Selain itu, tidak hanya meningkatkan berat angkatan bench press, tapi teknik latihan seperti yang disarankan di atas juga akan membantu meningkatkan kekuatan otot Anda melalui latihan populer ini. Selamat berlatih!

Singkirkan Lemak di Paha dan Lengan Anda!

August 20, 2010 by  
Filed under Featured, Fitness for Women
Singkirkan-Lemak-di-Paha-dan-Lengan-Anda
Lengan dan paha yang berlemak dan bergelambir bisa menjadi masalah, terutama wanita. Tidak hanya tidak enak dilihat, tetapi juga merupakan indikasi besar bahwa tubuh Anda sudah di luar bentuk ideal yang membuatnya tampak indah dan kencang.
Namun, memiliki lengan dan paha yang besar tidak selalu berarti bahwa Anda tidak sehat, karena dalam beberapa kasus hal ini terjadi akibat faktor keturunan. Dan Anda tetap bisa menyingkirkan lemak ekstra di lengan dan paha Anda melalui beberapa tips berikut:
  1. Salah satu latihan terbaik untuk mengikis lemak pada paha adalah dengan berlari. Berlari, terutama berlari menanjak akan memangkas lemak paha Anda secara efektif jika dilakukan secara konsisten. Berlari menaiki bukit membuat otot paha harus menjalani latihan yang ekstensif. Meski demikian Anda akan memiliki paha yang dapat Anda banggakan setelahnya. Latihan bagus lain untuk mengencangkan paha Anda adalah squats. Ini sedikit lebih mudah daripada berlari mendaki, tapi tetap memerlukan konsistensi untuk mendapatkan paha yang Anda inginkan.

  2. Salah satu area yang yang sering dianggap bencana bagi banyak wanita adalah lengan atas. Lengan yang menggelambir ketika Anda melambaikan tangan sangat mengganggu penampilan. Untuk mengatasi lengan berlemak relatif mudah, tetapi Anda tidak bisa mendapatkannya secara instan. Diperlukan latihan yang intensif dalam melatih lengan dan juga bagian lain tubuh Anda dengan merata untuk mencapai target yang Anda inginkan.

  3. Untuk menghilangkan lemak yang menumpuk di lengan, Anda perlu menggunakan beban. Lakukan latihan beban, setidaknya Anda bisa gunakan dumbbell untuk berlatih sendiri di rumah. Latihan beban sangat perlu dilakukan untuk membentuk otot lengan sehingga membuatnya lebih kencang dan indah untuk dipandang.

  4. Latihan lain yang baik dilakukan dan sangat sederhana adalah dengan menggunakan kursi. Saat duduk di kursi, geser tubuh Anda ke ujung dan letakan kedua tangan di tepi kursi kemudian rendahkan diri Anda untuk posisi berjongkok di lantai. Sekarang, lakukan sebaliknya dan bangkit kembali letakan pantat Anda di pinggir kursi. Biarkan lengan Anda melakukan semua pekerjaan ini agar segera ramping dan kencang.
Latihan dalam membantu mengecilkan paha dan lengan yang besar dan berlemak memerlukan upaya yang konsisten. Anda dapat menyingkirkan lemak di lengan dan paha jika Anda mau bekerja keras dan berusaha untuk mencapainya. Selamat berlatih!

Lengan Saya Kendur! Apa Yang Harus Saya Lakukan?

August 9, 2010 by  
Filed under Articles, Featured
Bagaimana-Mengecilkan-Lengan
Apakah Anda bermasalah dengan lengan yang kendur dan bergelambir? Tentu saja ini adalah masalah besar yang umum dikeluhkan oleh wanita. Lalu bagaimanakah cara untuk mengatasinya? Baca terus artikel ini karena jawabannya sangat sederhana dan mungkin akan mengejutkan Anda!
Otot yang paling bermasalah pada lengan kendur Anda adalah tricep. Sesungguhnya ada dua konsep kunci untuk keadaan tersebut.
Pertama, Anda perlu melakukan latihan untuk mengurangi lemak di daerah ini sehingga lengan akan kembali kencang. Tubuh Anda menyimpan lemak. Wanita menyimpan lemak hampir di setiap bagian tubuhnya. Sedangkan pria menyimpan sebagian besar lemak di bagian perut. Tapi dengan apa pun, Anda bisa dan akan menyimpan lemak di mana pun. Jadi, hal pertama yang Anda ingin lakukan adalah … Kurangi lemak tubuh Anda!
Kedua, agar daerah lengan Anda menjadi kencang, Anda perlu membangun otot lengan Anda. Ada beberapa latihan yang dapat Anda lakukan untuk membentuk otot di daerah tricep tersebut, antara laim
Banyak orang terjebak pada gagasan bahwa agar dapat menyingkirkan lemak pada daerah bermasalah, mereka hanya perlu melakukan beberapa latihan pada area tersebut. Tapi itu hanya setengah dari solusi.
Dengan melatih area yang ditargetkan beserta seluruh daerah tubuh lainnya untuk mengurangi lemak tubuh, Anda akan mendapatkan kemajuan dua kali lebih cepat dan tampak dua kali lebih kencang.
Misalnya, Anda hanya mati-matian melatih lengan. Otot dipastikan akan menjadi lebih kuat, tetapi mungkin tidak akan terlihat jika tingkat lemak tubuh Anda masih tinggi sehingga menutupi otot tersebut.
Seperti yang Anda lihat, dengan melakukan keduanya, Anda akan membangun tricep dan membuatnya lebih terlihat bila lapisan lemak yang menutupinya berkurang. Pendek kata, apa yang bisa dilakukan oleh hal ini adalah mengurangi lemak pada tubuh Anda dan membangun otot yang akan membuat bagian lengan Anda terlihat lebih kencang. Selamat mencoba!

Rabu, 27 Juli 2011

Pilot Garuda Ancam Mogok Kerja 28 Juli 2011

Ancam Mogok 28 Juli, Regulator Minta Manajemen dan Pilot Garuda Mediasi
Oleh Tri Listyarini | Minggu, 24 Juli 2011 | 16:34
5 Tuntutan Awak Kabin Garuda. Foto: Investor Daily/ ANTARA/Puspa Perwitasari/Spt/11
Saturday, 23 July 2011 00:37
Pilot nasional Garuda Indonesia mengaku sudah tidak tahan terhadap kebijakan perbedaan gaji antara dengan pilot asing. Mereka mengancam melakukan mogok kerja bila tuntutan perubahan tidak ditanggapi positif oleh menajemen Garuda Indonesia.

"Perbedaannya hampir 100 persen," kata Presiden Asosiasi Pilot Garuda (APG), Capt. Ste­pha­nus, dalam keterangan pers di Hotel Nikko, Jl Thamrin, Ja­kar­ta, Jumat (22/7).

Menurutnya perbedaan gaji sig­nifkan tersebut merupakan ke­salahan fatal pihak menajemen Garuda Indonesia dan telah menyebabkan keresahan di kalangan pilot WNI. Sebab mes­ki dibayar tinggi, namun kom­­petensi para pilot WNA ter­­sebut tidak lebih baik di­ban­ding pilot WNI.

"Kebijakan yang dilaksa­na­kan saat ini sangat irrasional dan keliru karena tidak me­nga­cu pada standar keselama­tan penerbangan dan akan me­ru­gikan negara. Pilot asing yang di sini sebab di negaranya ti­dak laku. Saya yakin pilot na­sional lebih baik," ujar St­e­pha­nus.

Terhadap situasi demikian, di­katakannya saat ini 800-an pi­lot Garuda Indonesia merasa re­sah terhadap keamanan pe­ner­bangan. Padahal prioritas stan­dart penerbangan interna­si­onal mensyaratkan ketenangan awak pesawat dalam me­lak­sanakan tugas.

Para pilot pun memberi de­ad­line untuk manajemen agar se­gera mencabut kebijakan-ke­bijakan itu.
Jika dalam waktu sa­tu minggu terhitung sejak 21 Ju­li tidak ada pencabutan ke­bi­jakan-kebijakan keliru, para pi­lot akan menggelar aksi mo­gok kerja pada 28 Juli menda­tang.

"Kami para pilot Garuda In­donesia akan melakukan aksi m­o­gok kerja mulai tanggal 28 Juli 2011 mulai pukul 00.00 WIB hingga 23.59 WIB. Kami min­ta maaf kepada seluruh pe­numpang atas ketidaknya­ma­­nan ini," tegas Stephanus.

Jumlah total pilot yang be­ker­ja untuk maskapai Garuda In­­donesia hampir 850 orang. Se­banyak 43 orang di an­ta­ra­nya adalah pilot berkewarga­ne­ga­raan asing yang dikontrak Ga­ruda Indonesia untuk me­ner­bangkan pesawat Boeing 737-NG dan Airbus A300 yang di­beli secara bertahap mulai 2008.

"Mereka dikontrak untuk 1-2 tahun hingga selesaian pe­la­tihan terhadap pilot WNI. T­a­pi kalau memang ada training, me­ngapa baru sekarang?" gu­gat Stephanus.

Keterangan pers disampai­kan­nya bersama Ketua Majelis Pi­lot Garuda dan jajarannya yang berjumlah empat orang. Di balik lima orang pria ber­pa­ka­ian kerja khas pilot berupa ke­meja putih lengkap dengan to­pinya itu, terbentang kain pu­tih ukuran 2x4 meter yang pe­nuh berisi tanda tangan para pi­lot Garuda. Di bagian atas ka­in terdapat tulisan yang ber­bu­nyi 'Kami Merasa Di­no­mer­dua­kan di Negeri Sendiri'.

Tawarkan Duduk Bersama

Terkait dengan ancaman ini, manajemen Garuda me­na­war­kan k­epada para pilot un­tuk duduk bersama. "Selama ini sudah dilaksanakan pert­e­mu­an-pertemuan. Manajemen si­ap untuk duduk bersama kem­bali melakukan perundingan-perundingan dan memb­e­ri­kan alternatif-altermatif," ka­ta Kepala Komunikasi Ga­ru­da Indonesia, Pujobroto, saat di­hubungi detikcom, Jumat (22/7).

Menurut Pujo, sebetulnya su­atu aksi industrial, termasuk mo­gok kerja, diatur dalam UU dan diperbolehkan. " Namun de­­­mikian, hal itu baru bisa di­la­ku­kan apabila proses pe­run­di­­­ngan hingga proses yang ber­­sifat bipartit atau tripartit su­­dah dilakukan," kata Pujo.

Selama ini, lanjut Pujo, per­temuan bipartit dan tripartit belum dilakukan. Selama ini, pertemuan baru sebatas antara manajemen dan APG. "Karena itu, kami masih membuka ke­sem­patan untuk kembali du­duk bersama," ujar dia.

Pujo mengatakan, saat ini Ga­r­uda dalam tahap proses pe­ngembangan. Demi Garuda le­b­ih baik, Pujo menekankan pentingnya semua pihak di Garuda, termasuk pilot, untuk melangkah bersama-sama.

"Kami sudah melakukan ren­cana ke depan, agar Garuda bi­sa lebih baik dan kompetitif. Itu bisa dicapai berkat seluruh kom­ponen /karyawan di Ga­ru­da. Bukan hanya tanggung ja­wab manajemen, tapi seluruh un­sur," jelas dia.

Dia berharap mendekati bu­­­lan Puasa ini, semua pihak di Ga­ruda bisa melayani para kon­sumen sebaik-baiknya. "Pa­­­­da da­sarnya, Garuda adalah pe­ru­sa­haan jasa. Terlebih lagi, la­ya­nan kita akan semakin di­per­lu­kan, karena beberapa hari la­gi akan memasuki bulan pu­a­sa," ka­ta Pujo.

Di bulan puasa hingga Le­ba­ran nanti, kata Pujo, ma­s­ya­ra­kat akan lebih banyak me­la­ku­kan bepergian. "Di bulan pu­a­sa, secara tradisi orang In­do­ne­sia akan melakukan bepergian. Dalam kaitan ini, seluruh un­sur Garuda dapat membe­ri­kan pelayanan sebaik-baiknya ke­pada pelanggan," ujar dia.

Terkait keluhan APG me­nge­nai adanya kesenjangan ga­­ji antara pilot asing dengan pi­­lot dalam negeri, Pujo menjelaskan bahwa kontrak pilot asing di­la­ku­kan hanya sementara. Pilot kon­trak sejatinya ter­­­­diri dari pi­lot asing dan pilot lokal. Me­re­ka dikontrak atas ke­­butuhan Ga­ruda, karena ber­tambahnya ar­mada baru.

"Mereka hanya dikontrak se­lama satu tahun untuk me­ngisi kekosongan pilot, karena sa­at ini sebagian pilot-pilot Ga­ruda masih menjalani trai­ning­. Jadi, kontrak ini hanya se­ba­gai bridging," jelas Pujo.

Sumber: www.ilmuterbang.com

Boeing 737

Boeing 737


Boeing 737
Boeing-Logo.svg
Air Berlin B737-700 Dreamliner D-ABBN.jpg


Boeing 737
 Tipe Airliner
 Produsen Boeing Commercial Airplanes
 Terbang perdana 9 April 1967
 Status Active
 Pengguna Southwest Airlines
Ryanair
Continental Airlines
Alaska Airlines
 Tahun produksi 1968 – sekarang
 Jumlah produksi 6,687 pada Februari 2011[1]
 Harga satuan 737-100: US$32 million[2]
737 NG: US$51.5-87 million (2008)[3][4]
 Varian Boeing T-43
Boeing 737 Classic
Boeing 737 Next Generation

Boeing 737-800 , Air Berlin.
Boeing 737 adalah pesawat komersial untuk penerbangan jarak dekat dan sederhana. Pertama kali dibuat pada tahun 1967, Boeng 737 adalah produk Boeing yang paling laku dengan penjualan sebanyak 6000 buah.Boeing juga meraup banyak rejeki dari pesawat ini karena ini pesawat paling terlaris di dunia.

Daftar isi

[sembunyikan]

Sejarah

Pada era 60-an, pesawat penumpang berkapasitas rendah dan jarak dekat didominasi oleh BAC 1-11 dan Douglas DC-9. Boeing ketika itu dapat dikatakan tertinggal dibanding dengan pesaing-pesaingnya dalam pembuatan pesawat berjarak dekat. Pada 1964, Boeing memulai program pembuatan 737 tetapi, untuk menghemat waktu Boeing menggunakan rancangan Boeing 707 dan Boeing 727 dalam pembangunan 737. Hal ini adalah satu kelebihan bagi 737 karena lebar fuselage 737 yang didesain ini mampu memuat enam tempat duduk, lebih satu dari BAC 1-11 dan Douglas DC-9.

Boeing 737 maskapai Astraeus.
737-100 adalah desain pertama Boeing dan karena bentuknya yang pendek dan gemuk, Boeing menggelarkannya "FLUF" untuk 'Fat Little Ugly Fella' di mana pada masa yang sama, industri penerbangan memanggilnya 'Baby Boeing'. Seri -100 dan -200 dapat dibedakan dengan seri-seri yang lain dengan melihat kedudukan mesinnya yang bercantum dengan sayap pesawat. Manakala Pratt and Whitney JT8D adalah mesin asal untuk model ini
Penerbangan perdana 737 (sebuah pesawat seri 100) dilaksanakan pada 9 April 1967 dan penerbangan komersial pada Februari 1968 oleh Lufthansa. Bagi 737-200, penerbangan perdananya ialah pada 8 Agustus 1967. Akan tetapi, hanya 30 pesawat 737-100 saja yang digunakan.

Kokpit 737 awal ditampilkan di Museum of Flight di Seattle, Washington
Pada awal 1980, 737 mengalami perubahan yang besar, yaitu penggantian mesin 737 dari JT8D keCFM56. Namun, mesin ini terlalu besar dibandingkan dengan JT8D, sehingga harus dipasang dibawah sayap. Bagian bawah mesin ini terpaksa diratakan untuk tujuan kelegaan tempat. 737-300 mulai beroperasi pada tahun 1984.
Pada 1990 pula, kemunculan Airbus A320 yang dilengkapi dengan teknologi tinggi merupakan satu saingan baru bagi 737. Dan pada tahun 1993 Boeing memulai pembangunan '737 - X Next Generation (NG)'. Program ini adalah untuk pembinaan seri -600, -700, -800 dan -900.
Dalam pembuatan NG ini, perubahan dilakukan dengan merancang sayap baru, peralatan elektronik yang baru dan rancangan ulang mesin pesawat. 737 NG dilengkapi dengan teknologi-teknologi dari Boeing 777, tingkap kokpit berteknologi tinggi, sistem dalaman pesawat yang baru (diambil dari 777), dengan penambahan berupa 'wingtip' sehingga menjadi sayap lawi yang mengurangi biaya bahan bakar dan memperbaiki proses 'take-off' pesawat. Pesawat 737 NG boleh dikatakan sebagai sebuah model baru kerana ciri-cirinya yang banyak berbeda dengan seri-seri yang lama.
Pada tahun 2001, Boeing membuat 737-900 yang mampu terbang lebih jauh dam menampung penumpang lebih banyak dari 707.
Pada varian terbaru, yaitu Boeing 737-900 ER (Extended Range), cockpitnya telah dilengkapi dengan HUD (Head Up Display). Peralatan ini biasanya dipakai pada pesawat militer / pesawat tempur. Fungsinya adalah untuk mempermudah pilot dalam menentukan kemiringan pesawat baik secara vertikal maupun horizontal. Pesawat ini menggunakan layar LCD yang terpadu dalam bentuk glass cockpit. Pesawat ini menggunakan Glass Cockpit secara menyeluruh. Sistem Glass cockpit ini dipercaya akan menjadi trend bagi pesawat-pesawat baru. Lion Air merupakan launch customer pesawat ini.
Di Indonesia, Boeing 737 merupakan "standar" armada bagi maskapai-maskapai di Indonesia. Hampir semua maskapai penerbangan di Indonesia pernah dan atau masih mengoperasikan 737, baik varian "original" (seri -200) varian "Classic" (seri -300, -400, dan -500), maupun "Next Generation" (seri -800 dan -900ER) Catatan: Varian 737 yang disebut di atas merupakan varian Boeing 737 yang pernah dan atau masih beroperasi di Indonesia.

Boeing 737-200 milik maskapai Sriwijaya Air.

Boeing 737-800 milik maskapai Garuda Indonesia.

Boeing 737-900ER milik maskapai Lion Air.

Variasi

Seri-seri 737 dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:
  • Original: the 737-100 dan -200 (Dibangun dalam 1967 - 1988)
  • Klasik: the 737-300, -400, dan -500 (Dibangun dalam 1983 - 2000)
  • 'Next-Generation' (atau 737 NG): 737-600, -700, -800, dan -900 (Dibangun dari 1997 - )
Variasi juga terdapat dalam separuh pesawat dalam generasi yang sama:
  • 737-100 — terkecil, model pertama
  • 737-200 — seri -100 yang dipanjangkan untuk memenuhi pasaran Amerika Serikat
  • 737-500, 737-600 — seri pendek untuk -300 dan -700
  • 737-300, 737-700 — model baru, seperti 737-200 yang dipanjangkan
  • 737-400, 737-800 — seri yang dipanjangkan untuk digunakan untuk penerbangan ulang alik dan kegunaan korporat
  • 737-900 dan 900X — versi terbaru yang dipanjangkan
  • 737-700IGW, 737-800ERX — variasi untuk kegunaan militer(lihat #Variasi Militer).
Terdapat juga variasi 737 yang lain yaitu Boeing Business Jet (BBJ dan BBJ2). Desain ini berdasarkan seri -700 tetapi sayapnya disesuaikan dengan sayap seri -800, sedangkan BBJ2 adalah berdasarkan 737-800. BBJ berupaya untuk terbang lebih jauh dan kebanyakan pesawat ini digunakan untuk pesawat pribadi para eksekutif perusahaan besar dan pesawat pemerintahan di dunia.

Variasi Militer

737 juga terdapat di dalam beberapa variasi untuk kegunaan militer.

Statistik

  • Kecepatan Terbang: Mach 0,74, 420 knots (780 km/h) (Original & Klasik)
  • Kecepatan Terbang: Mach 0,78, 440 kt (815 km/h) (NG)
  • Mesin: 2 mesin turbofan, antara 64,4 kN sampai 117,3 kN per mesin
  • Jangkauan jelajah maksimum:
    • 3.050 mil laut (5.650 km) (600)
    • 3.060 mil laut (5.670 km) (700, 800)
    • 2.745 mil laut (5.080 km) (900)
  • Jarak dari ujung sayap kiri ke ujung sayap kanan: antara 28,3 m sampai 34,3 m (93,0 kaki - 112,6 kaki) (36 m untuk sayap lawi bagi -700, -800, -900)
  • Panjang:
    • 31,2 m (102,5 kaki) (600)
    • 39,5 m (129,5 kaki) (700, 800)
    • 42,1 m (138,2 kaki) (900)
  • Ketinggian ekor pesawat:
    • 12,6 m (41,3 kaki) (600)
    • 12,5 m (41,2 kaki) (700, 800, 900)
  • Berat maksimum saat lepas landas(takeoff):
    • 65.090 kg (143.500 lb) (600)
    • 79.010 kg (174.200 lb) (700, 800, 900)
  • Kapasitas: 85 hingga 189 penumpang
  • Biaya: USD $44 juta hingga $74 juta menurut daftar harga 2004 [1]
  • Autopilot, display, navigasi and sensor oleh Honeywell
  • Seksi 41, fuselage, dan sebagian besar bagian dibuat di Wichita, Kansas. Perakitan terakhir di Seattle-Renton, Washington.

Kecelakaan

Kecelakaan terakhir

Statistik kecelakaan

  • Salah Navigasi: 108 dengan korban jiwa 2802
  • Lain-lain: 6 dengan korban jiwa 242
  • Pembajakan pesawat: 96 dengan korban jiwa 325

    Sumber: www.ilmuterbang.com

Selasa, 26 Juli 2011

STPI CURUG

 

Selamat datang di Website Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia


 
 Puji Syukur kami haturkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat Rahmat dan AnugerahNya, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia telah memasuki usia yang ke 59 semenjak berdirinya tahun 1952, dan berumur 11 tahun pada tahun 2011 ini semenjak dikukuhkannya sebagai Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 43 tahun 2000.
Selama kurun waktu lebih dari setengah abad, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia telah berperan aktif dalam usaha mencerdaskan bangsa dengan mendidik dan mencetak tenaga ahli di bidang penerbangan sipil dalam berbagai profesi, dengan  jurusan : 
                                       Penerbang,
                                       Teknik Penerbangan,
                                       Keselamatan Penerbangan,
                                       Manajemen penerbangan .
Di era globalisasi ini, arus informasi semakin mudah diakses melalui berbagai media, termasuk website. Hal ini berdampak pada semakin ketatnya persaingan dalam bebagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Oleh karena itu, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas agar masyarakat luas lebih mudah mendapatkan informasi mengenai Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia.
Indonesia yang terdiri dari kepulauan yang terbesar di garis katulistiwa dengan jumlah lebih dari 17.000 pulau, memiliki Bandar Udara lebih dari 300 bandara sehingga sangat membutuhkan SDM penerbangan yang prima, profesional dan dapat di handalkan serta memiliki etika yang baik, maka STPI adalah lembaga pendidikan untuk membina, mendidik putra-putri bangsa, yang tangguh, handal dan dapat meningkatkan taraf hidup Bangsa Indonesia serta membantu dan meningkatkan perekonomian Indonesia
Kami berharap semoga informasi yang disajikan pada situs ini dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.
Selamat mengunjungi Website STPI http://WWW.stpicurug.ac.id.

 
Ketua STPI,

Profil

pesawat terbang 1.jpg
Pesawat Latih

lab B.inggris.jpg
Lab. Bahasa Inggris






Image00003.jpg
Pintu Gerbang Asrama Taruna STPI
Image00052.jpg
Seragam Taruna STPI

Image00029.jpg
Apel Pagi
Image00001.jpg
Asrama STPI

 

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia - Curug (STPI Curug) merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Departemen Perhubungan Republik Indonesia. STPI  Curug terletak di Kecamatan Legok Kewedanaan Curug Kabupaten Tangerang Propinsi Banten.

STPI Curug memiliki tugas dan fungsi mendidik putra putri terbaik bangsa Indonesia untuk menjadi sumber daya manusia yang ahli dan terampil di bidang penerbangan, yang diakui secara nasional maupun internasional.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya STPI Curug memiliki 4 (empat) jurusan pendidikan, yaitu Jurusan Penerbang, Jurusan Teknik Penerbangan, Jurusan Keselamatan Penerbangan dan Jurusan Manajemen Penerbangan. Setiap jurusan pendidikan terbagi dalam beberapa program studi sesuai dengan minat dan bakat peserta pendidikan dan pelatihan.

Kurikulum dan silabus pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh STPI Curug mangacu pada standar nasional (Departemen Pendidikan Nasional RI) dan internasional (International Civil Aviation Organization = ICAO), sehingga diharapkan setiap lulusan STPI Curug mampu untuk bersaing baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Pola pendidikan dan pelatihan bagi setiap peserta didik, mengacu pada pola pendidikan akademis, fisik, mental dan kedisiplinan. Sehingga diwajibkan bagi setiap peserta didik untuk tinggal di Asrama selama diklat berlangsung dengan pengawasan para pembimbing.

Sejarah

Didirikan di Jakarta, tepatnya di daerah Gempol-Kemayoran pada tahun 1952, institusi pendidikan ini semula diberi nama Akademi Penerbangan Indonesia (API). Pada tahun 1954 API dipindahkan dari Jakarta ke kampusnya yang baru, di wilayah kecamatan Legok, Tangerang (lebih dikenal oleh masyarakat penerbangan dengan kampus Curug).
    
Pada tahun 1969, Akademi Penerbangan Indonesia (API) berubah nama menjadi Lembaga Perhubungan Udara (LPPU). Pada tahun 1978, lembaga pendidikan ini  berubah  nama menjadi Pendidikan dan Latihan Penerbangan (PLP) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis dari Badan Diklat Perhubungan.
Pada tahun 2000 PLP berubah nama menjadi Seklah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), hingga saat ini. Keberadaan STPI didasari oleh Keputusan Presiden RI dan Menteri Perhubungan sebagai berikut :
  1. Keputusan  Presiden  RI nomor 43 tahun 2000 tanggal 10 Maret 2000 tentang Sekolah TInggi Penerbangan Indonesia.
  2. Keputusan  Menteri  Perhubungan  nomor  64  tahun 2000 tanggal 21 Agustus   2000  tentang  Organisaisi   dan   tata    kerja   Sekolah    Tinggi   Penerbangan  Indonesia.
  3. Keputusan Menteri Perhubungan nomor SK. 29/DL.003/Diklat-2001 tanggal 29 Januari 2001 tentang Statuta Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia.
 

Visi

Menghasilkan lulusan yang diakui secara nasional dan internasional untuk menuju pusat keunggulan (Centre of Excellence) yang berstandar internasional

Misi

Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan serta penelitian teknologi terapan di bidang penerbangan dalam rangka mencerdaskan bangsa dengan menciptakan sumber daya manusia penerbangan yang memiliki iman dan taqwa, berkualitas internasional, mampu, bersaing, mandiri dan profesional

Tujuan

Membentuk manusia penerbangan Indonesia yang ahli dan terampil dalam bidangnya, memiliki sikap sesuai Lima Citra Manusia Perhubungan, memiliki jiwa korsa yang tinggi, berbudi pekerti luhur, memiliki kesadaran bertanggungjawab dalam pengembangan dunia penerbangan dan mewujudkan keselamatan penerbangan serta siap memangku jabatan negara atau jabatan dalam organisasi penerbangan



Unsur Pimpinan

Ketua SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN INDONESIA
Ir. MARYATI KARMA, MM
Pembantu Ketua I Bidang Akademik
Capt. YUFRIDON GANDOZ SITUMEANG, SE, SSiT, MM
Pembantu Ketua II Bidang Administrasi Umum
Drs. AMINARNO BUDI PRADANA, SSiT, MM
Pembantu Ketua III Bidang Ketarunaan
Drs. A. NUGROHO BUDI RUKISMAN, SSiT, MT

Unsur Pimpinan Administratif

Kepala Bagian Administrasi Umum
Ir. BAMBANG WIJAYA PUTRA, MM
Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan
MT. NURHUDA
Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian
ROHADI, SE, MM
Kepala Sub Bagian Rumah Tangga dan Humas
Drs. ARWAN ARUCHYAT
Kepala Sub Bagian Keuangan
H. ERLAND FIRDAUS, SIP, MSi
Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan
Drs. DJUDJUR PRASODJO, SSiT
Kepala Sub Bagian Administrasi Pendidikan
LILIS KURNIANINGSIH, SE
Kepala Sub Bagian Administrasi Tenaga Kependidikan
BENNY SUHERMAN, SSiT, SE
Kepala Sub Bagian Administrasi Kerjasama dan PKN
Ir. AHMAD KOSASIH, SSiT, MT
Kepala Sub Bagian Administrasi Taruna dan Alumni
HELMI HAMBALI, SE

Unsur Pimpinan Penunjang

Kepala Kelompok Dosen
Drs. AMINARNO BUDI PRADANA, SSiT, MM
Kepala Unit Bengkel Perawatan Pesawat udara
Ir. M. SUBIYAT WIRANATA KUSUMAH, SSiT
Kepala Unit Teknik Umum
Ir. NURHEDHI DESRYANTO, SSiT, MM
Kepala Unit Kesehatan
dr. DEWI ASTUTI, MKK
Kepala Unit Alat Peraga dan Laboratorium
ANDUNG LUWIHONO, ST, SSiT, MM
Kepala Unit Keselamatan dan Keamanan Terbang
Capt. ARSANTO NOOR WAHYU, SE
Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Drs. IGK. RAI DARMAJA, SSiT
Kepala Unit Asrama
PARJAN, SSiT, MT
Kepala Unit Fasilitas Umum
TOHARI, SSiT
Kepala Unit Bimbingan Taruna
MARDIYONO, SSiT, ST
Kepala Unit Teknologi Informatika
ERWIN KURNIADI, SSiT, ST, MM
Kepala Unit Olah Raga dan Seni
Drs. KHUSNUL FAOJI
Kepala Unit Perpustakaan dan Dokumentasi
Ir. SUSE LAMTIAR SIMBOLON
Kepala Unit Ketentraman dan Ketertiban Kampus
Drs. HARMAN SUDJANTO, S.SiT, MM

Unsur Pimpinan Pelaksana

Ketua Jurusan Penerbang
Capt. AHMAD HARIRI, ST
Sekretaris Jurusan Penerbang
DODY WAHYU WIDODO
Ketua Jurusan Teknik Penerbangan
Drs. SIHONO, SSiT
Sekretaris Jurusan Teknik Penerbangan
Ir. IKA INDRAWIJAYA
Ketua Jurusan Keselamatan Penerbangan
DJOKO DJATMOKO, SSiT
Sekretaris Jurusan Keselamatan Penerbangan
ENDANG SUGIHARTI, SE
Ketua Jurusan Manajemen Penerbangan
IBNU HERMAWAN, ST, S.IP, M.Si
Sekretaris Jurusan Manajemen Penerbangan
IRWAN FAIZAL, SKom, M.Si



Lambang STPI




























Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia memiliki lambang berbentuk Burung Rajawali yang membawa perisai yang menggantung di dadanya serta mencekram sehelai pita yang bertuliskan CEWAMA EKA TAYAI yang berarti mengabdi untuk persatuan, berwarna kuning emas yang sedang terbang mengarungi angkasa luas menggambarkan STPI Curug adalah lembaga yang dinamis dan senantiasa mengembangkan diri ke arah yang lebih sempurna.

Filosofi Visual
Filosofi visual lambang terdiri dari tiga bagian dengan makna sebagai berikut :
  1. Burung Rajawali
    • Sayap kiri lima helai : menyiratkan visi STPI dan pemikiran maju yaitu menghasilkan lulusan yang diakui di lima benua
    • Sayap kanan lima helai : menyiratkan misi STPI yaitu didalam menunjang program pemerintah guna menciptakan kemantapan lima unsur pokok pembangunan yaitu di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan keamanan
    • Ekor lima helai : menyiratkan bahwa landasan idiil penyelenggaraan STPI adalah Pancasila
    • Pangkal ekor lima helai : menyiratkan visi STPI dan pemikiran maju yaitu menghasilkan lulusan yang diakui di lima benua menyiratkan misi STPI yaitu didalam menunjang program pemerintah guna menciptakan  kemantapan lima unsur pokok pembangunan yaitu di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan keamanan menyiratkan bahwa landasan idiil penyelenggaraan STPI adalah Pancasila menyiratkan pedoman pembinaan STPI yaitu menciptakan manusia yang memiliki jiwa korsa dan mencerminkan Lima Citra Manusia Perhubungan
  2. Perisai yang menggantung di leher burung rajawali, yaitu:
    1. Tulisan SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN INDONESIA
    2. Kuncup bunga melati di tengah-tengah yang terdiri dari tiga helai daun bunga dan tiga helai kelopak bunga yang menggamrkan bulan kelahiran STPI yaitu bulan tiga atau Maret dan meiliki makna antara lain :
      1. Tiga helai daun bunga melati yang sedang mekar menyiratkan bahwa pada awal kelahirannya, STPI mendidik para remaja untuk menjadi penerbang, teknisi penerbangan dan operator/administrator penerbangan
      2. Tiga helai kelopak bunga menyirakan bahwa tugas-tugas STPI meliputi tiga tugas utama yaitu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu tuga pendidikan, tugas penelitian dan tuga pengabdian kepada masyarakat
    3. Untaian mata rantai berjumlah sepuluh yang sambung menyambung manjadi satu berbentuk lingkaran yang melingkari kuncup bunga melati menggambarkan tanggal dikeluarkannya Keputusan Presiden berdirinya STPI yaitu tanggal 10 Maret dan memiliki makna bahwa semua kegiatan STPI adalah untuk kesatuan dan persatuan bangsa dan tanah air Indonesia
    4. Dua helai untaian padi yang berisi 43 butir padi (21 di kiri dan 22 di kanan) menggambarkan nomor Keputusan Presiden tentang pendirian STPI yang menyiratkan bahwa STPI mencetak sumber daya manusia guna memperkuat ekonomi bangsa demi kemakmuran seluruh rakyat Indonesia
  3. Sehelai pita bertuliskan CEWAMA EKA TAYAI dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti mengabdi untuk persatuan
Filosofi Warna
Warna yang digunakan adalah kuning emas yang menyiratkan ketajaman pikiran, keagungan cita-cita, keluhuran budi pekerti dan kecemerlangan pikiran di dalam menapak masa depan dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia bidang penerbangan



Akademik

Program diklat yang dilaksanakan oleh Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) adalah program pendidikan profesional, yaitu memberikan kesiapan penerapan keahlian profesional dalam bidang yang berkaitan dengan penerbangan.  Dalam melaksanakan program diklat tersebut, STPI dibawah Departemen Pendidikan Nasional sebagai pembina akademik dan Departemen Perhubungan sebagai pembina teknis fungsional.

KURIKULUM

Penyelenggraan diklat pada STPI dilaksanakan atas dasar kurikulum yang disusun sesuai dengan sasaran program studi, dengan berpedoman pada kurikulum nasional yang diatur oleh Menteri Pendidikan Nasional. STPI menetapkan mata kuliah untuk setiap program studi, yang tersusun atas Mata Kuliah Umum (MKU), Mata Kuliah Dasar keahlian (MKDK) dan Mata Kuliah Keahlian (MKK).
Beban studi Taruna/i setiap program studi ditentukan dengan jumlah kredit. Bobot mata kuliah dalam kegiatan akademik diukur dengan Satuan Kredit Semester (SKS), sedangkan penyelenggaraan perkuliahan didasarkan atas Sistem Kredit Semester (SKS).

PENILAIAN HASIL BELAJAR

Penilaian terhadap kegiatan, kemajuan dan kemampuan Tarun/i  dilakukan secara berkala yang berbentuk ujian, pelaksanaan tugas dan pengamatan oleh Dosen serta Pembimbing Taruna/i.
Pelaksanaan ujian diselenggarakan melalui ujian semester, ujian akhir program studi dan ujian tugas akhir serta ujian akhir program profesional yang dilakukan oleh lembaga di bawah naungan Departemen Perhubungan.

POLA KEHIDUPAN KAMPUS

Setiap peserta diklat yang dilaksanakan di Kampus STPI , selama mengikuti diklatnya akan tinggal di dalam kampus (Asrama). Hal ini dimaksudkan agar setiap peserta diklat dapat mengikuti pola diklat pembentukan mental, fisik dan disiplin serta mudah dalam pengawasan.
Selama tinggal di Asrama, para Taruna/i akan dijaga dan diawasi terus menerus oleh Pembimbing Taruna/i  yang telah ditunjuk oleh Ketua STPI untuk melaksanakan tugas tersebut.

PENYELENGGARAN DIKLAT

Meliputi kegiatan akademik, pembinaan mental dan moral serta pengembangan kreaivitas

Pembinaan Mental
Masa Dasar Pembinaan mental dan Orientasi Matra Dirgantara (MADABINTAL dan ORMATDIRGA) berlangsung selama dua minggu di awal masa  diklat yang berisi kegiatan :
a. Pengenalan Baris Berbaris dan Program Pembinaan Mental
b. Pengenalan lingkungan kampus
c. Pengenalan matra dirgantara
d. Pembekalan tata kehidupan asrama
e. Penjelasan peraturan tata tertib

Pembinan Disiplin
Menggunakan instrumen Peraturan Tata Tertib Taruna/i (PTTT) dengan sistem angka kesalahan. Apabila Taruna/i melakukan kesalahan akan diberi sanksi berupa angka dengan rentangan 1- 100, setelah melaui pentahapan peringatan pertama (angka 25), kedua (angka 50) dan ketiga (angak 95), maka Taruna/i dapat diberhentikan dari pendidikan jika angka kesalahannya mencapai 100 atau lebih.

Pendidikan dan pelatihan
Kegiatan diklat terdiri dari berbagai macam kegiatan tergantung dari program studi yang diikuti, antara lain :
a. Teori dan praktek di Kampus STPI
b. Praktek lapangan pada bandar udara di seluruh wilayah Indonesia, perusahaan penerbangan, perusahaan pengelola bandara atau instansi lainnya
c. Terbang Cross Country bagi penerbang

Pengembangan Kreativitas
Pengembangan kreativitas Taruna/i STPI diarahkan pada kegiatan ekstrakurikuler,antara lain :
a. Marching Band / Drum Band
b. Aeromodeling
c. Olah raga (renang, sepak bola, futsal, volley, basket, bulutangkis)
d. Kesenian (tari, paduan suara, band)

Penerbang


pesawat terbang 1.jpg
Mendidik dan melatih Taruna menjadi Penerbang  berkualifikasi Commercial  Pilot  Licence  (CPL), Multy  Engine  (ME)  dan Instrument  Rating (IR).

Terdiri dari 3 Program Studi :
a. Program Studi Penerbang Sayap Tetap
b. Program Studi Penerbang Sayap Putar
c. Program Studi Flight Operation Officer (FOO)/Operasi Pesawat Udara


Teknik Penerbangan

Image00029.jpg

Mendidik dan melatih calon Teknisi pesawat  udara,  telekomunikasi dan navigasi udara, listrik     dan   mekanikal   bandar   udara   serta   teknisi bangunan dan landasan.
Terdiri dari program studi :
a. Program Studi Teknik Pesawat Udara
b. Program Studi Teknik Telekomunikasi dan  Navigasi Udara
c. Program Studi Teknik Listrik Bandar Udara
d. Program Studi Teknik Mekanikal Bandar Udara
e. Program Studi Teknik Bangunan dan Landasan

Keselamatan Penerbangan


Menyelenggarakan diklat  dengan tujuan peserta  didik  mempunyai  ketrampilan dan pengetahuan   di bidang  keselamatan penerbangan.

Terdiri dari 4 program studi, yaitu :                         
a. Program Studi Pemanduan Lalu Lintas Udara
b. Program Studi Penerangan Aeronautika 
c. Program Studi Komunikasi Penerbangan
d. Program Studi Pertolongan Kecelakaan  Penerbangan


Manajemen Penerbangan


Menyelenggarakan diklat di bidang operasi dan administrasi penerbangan.

Mempunyai 3 program studi :
a. Program Studi Operasi Bandar Udara
b. Program Studi Administrasi Perhubungan  Udara
c. Program Studi Manajemen Transportasi Udara

Korps Resimen Taruna


Resimen Korps Taruna (MENKORPSTAR) adalah unsur pelaksana kebiajakan Dewan Musyawarah Taruna (DEMUSTAR).

Organisasi taruna ini mempunyai tugas pokok melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dalam ilmu seni, sosial, budaya dan olah raga.

Fungsi Resimen Korps Taruna adalah sebagai wahana perencanaan dan pelaksanaan kegiatan dan pengembangan ekstrakurikuler di lingkungan Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia yang bersifat keilmuan, minat, kegemaran, kesejahteraan serta pengabdian kepada masyarakat.

Keanggotaan dan kepengurusan Resimen Korps Taruna :
  1. Keanggotaan Resimen Korps Taruna terdiri atas seluruh Taruna yang terdaftar mengikuti pendidikan dan pelatihan di Sekolah Tinggi          Penerbangan Indonesia
  2. Tata kerja kepengurusan Resimen Korps Taruna ditetapkan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Korps Taruna Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia.
  3. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Resimen Korps Taruna ditetapkan oleh Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia
  4. Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, pengurus  Resimen Korps Taruna bertanggung jawab  kepada Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia melalui Pembantu Ketua III Bidang Ketarunaan

Dewan Musyawarah Taruna


Dewan Musyawarah Taruna (DEMUSTAR) adalah dewan perwakilan Taruna yang mewakili semua Taruna yang disetiap jurusan pendidikan di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia.

Organisasi Taruna ini mempunyai tugas pokok merencanakan kegiatan organisasi ketarunaan dalam bidang ekstrakurikuler ting Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia. dan memberikan pendapat, usul dan saran kepada Ketua STPI terutama yang berkaitan dengan fungsi dan pencapaian tujuan pendidikan nasional.
Fungsi dari organisasi Dewan Musyawarah Taruna adalah :
  1. Perwakilan Taruna untuk menampung dan mengeluarkan aspirasi Taruna dalam lingkungan STPI.
  2. Perencanaan dan penetapan garis-garis besar program kegiatan Taruna
  3. Pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di STPI
  4. Menyusun rencana pengembangan keterampilan, manajemen dan kepemimpinan
Keanggotaan dan kepengurusan Dewan Musyawarah Taruna :
  1. Keanggotaan Dewan Musyawarah Taruna terdiri atas wakil dari seluruh Taruna di semua jurusan pendidikan
  2. Tata kerja kepengurusan ditetapkan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Dewan Musyawarah Taruna STPI yang ditetapkan oleh Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia
  3. Pengurus Dewan Musyawarah Taruna di sahkan oleh Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia
  4. Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, pengurus Dewan Musyawarah Taruna bertanggung jawa kepada Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia melalui Pembantu Ketua III Bidang Ketarunaan

Fasilitas Diklat

KELAS DAN LABORATORIUM
Setiap jurusan di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia memiliki fasilitas kelas dan laboratorium masing-masing. Kelas dan laboratorium yang ada merupakan fasilitas yang dapat digunakan oleh seluruh Taruna/i di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia.

Jurusan Penerbang
Ruang Kelas : 9 ruangan
Laboratorium :
- Radio Telephony
- Aircraft Link Simulator jenis TB-10, Sundowner dan TBM-700

Jurusan Teknik Penerbangan
Ruang Kelas : 13 ruangan
Laboratorium :
- General Workshop
- Sheet Metal Shop
- Gas Turbine Engine Shop
- Aircraft Instrument Shop
- Hydraulic Shop
- Welding Shop
- Electronic Shop
- Digital Shop
- NDB/VOR/DME Shop
- Electrical Machinery Shop
- Electrical Installation Shop
- Air Conditioning Shop
- Electrical Shop
- Physic Shop
- Airport Lighting Shop
- Generator Set Shop
- Computer Shop
- Drawing Shop

Jurusan Keselamatan Penerbangan
Ruang Kelas : 15 ruangan
Laboratorium :
- ATC Simulator
- Junior ATC Laboratory
- Senior ATC Laboratory
- ATC Radar Laboratory
- Kendaraan PKP-PK
- AMSS Laboratory
- Computer Laboratory

Jurusan Manajemen Penerbangan
Ruang Kelas : 5 ruangan
Laboratorium : Laboratorium Komputer

Selain kelas dan laboratorium tiap-tiap jurusan di atas STPI juga memiliki Laboratorium terbuka yaitu Bandara Budiarto sebagai sarana diklat yang mengkondisikan keadaan sesungguhnya dari suatu Bandar udara. Fasilitas lain laboratorium adalah Laboratorium Bahasa dengan kapasitas 30 orang. Rencana pengembangan laboratorium di tahun 2007 ini adalah pengadaan laboratorium untuk jurusan Penerbang dan Teknik Penerbangan berbasis komputer (CBT = Computer Based Training) yang dapat diakses tidak hanya di lingkungan STPI tetapi juga dapat diakses melalui internet.

PESAWAT LATIH
Pesawat latih yang dimiliki oleh Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia terdiri dari jenis :
Single Engine
- SUNDOWNER C-23
- PIPER DAKOTA PA-28
- TOBAGO TB-10
Multi Engine
- BEECHRAFT BARON B-58
- BEECHRAFT BARON B-58P

PERPUSTAKAAN
Perpustakaan STPI Curug di bawah Unit Dokumentasi dan Perpustakaan yang berfungsi mendukung kegiatan belajar, mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat bagi Taruna dan Dosen STPI Curug.
Terletak bersebelahan dengan Asrama Taruna menjadikan kemudahan akses bagi seluruh civitas akademika Kampus Curug untuk mengunjungi Perpustakaan STPI Curug.
Koleksi buku yang ada di perpustakaan ini berjumlah 3199 judul buku dengan jumlah buku sebanyak 5939 eksemplar. Terdiri dari buku literatur berbahasa Indonesia dan berbahasa inggris, majalah, hasil penelitian dan buku-buku pengetahuan umum disamping dokumen-dokumen yang diterbitkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO).
Sesuai dengan pekembangan teknolog informasi, saat ini sedang direncanakan untuk melengkapi perpustakaan dengan teknologi audio visual dan perpustakaan digital. Selain itu juga akan dilengkapi dengan fasilitas Hotspot Area di lingkungan perpustakaan untuk kemudahan akses internet bagi pngunjung perpustakaan.

Fasilitas Penunjang

ASRAMA
Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia menyediakan fasilitas Asrama bagi seluruh peserta pendidikan dan pelatihan. Dengan fasilitas ini diharapkan bagi seluruh peserta diklat dapat lebih berkonsentrasi belajar selain lebih mudah juga dalam hal pengawasan.
Asrama Taruna berada di bawah Unit Asrama yang memiliki tugas menyediakan akomodasi, konsumsi dan cucian/binatu bagi Taruna. Asrama taruna STPI Curug dapat menampung 1200 peserta diklat terdiri dari Asrama Curug I Barak Alpha (A) sampai dengan Barak November (N) dan Asrama Curug II Barak Alpha (A) dan Barak Bravo (B).
Setiap asrama dilengkapi dengan fasilitas standar yaitu tempat tidur, lemari dan ruang belajar. Selain itu juga dilengkapi dengan ruang makan Taruna dengan kapasitas 1000 tempat duduk. Fasilitas lain yang disediakan oleh Unit Asrama adalah fasilitas cuci dan seterika, kebersihan lingkungan asrama dan bebarapa kamar yang disediakan untuk peserta diklat eksekutif dengan fasilitas Air Conditioning (AC), Televisi.

RUMAH SAKIT
Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia menyediakan fasilitas rumah sakit bagi seluruh civitas akademika Kampus Curug. Pelayanan kesehatan berupa pelayanan dokter umum dan kesehatan gigi.
Rumah sakit berada di bawah Unit Kesehatan yang memiliki tugas melaksanakan dan mengkoordinasikan kegiatan perawatan dan kesehatan Taruna dan pegawai serta sanitasi lingkungan.
Rumah sakit STPI Curug dilengkapi dengan fasilitas rawat inap, laboratorium, rontgen ambulance dan pemeriksaan gigi. Jam operasional pelayanan adalah pada jam kerja untuk para pegawai. Khusus untuk para peserta diklat dapat memperoleh layanan kesehatan selama 24 jam dan dibebaskan dari semua biaya pengobatan selama masih ter-cover oleh asuransi keshatan Taruna.

OLAH RAGA DAN SENI
Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia menyediakan fasilitas olah dan seni bagi seluruh peserta diklat. Fasilitas dapat dipergunakan diluar waktu jam belajar atau ada permintaan khusus.
Olah raga dan seni di Kampus Curug berada di bawah Unit Olah raga dan Seni yang memiliki tugas menyediakan dan melaksanakan kegiatan olah raga dan seni dalam meningkatkan pengembangan bakat dan kebugaran taruna dan pegawai.
Fasilitas seni yang dimiliki antara lain peralatan Marching band, peralatan musik (band), karaoke dan gedung serba guna yang dapat dipergunakan untuk pertunjukan, serta gedung auditorium yang dapat dipergunakan untuk pemutaran film. Fasilitas olah raga yang dimiliki antara lain peralatan fitness, lapangan sepak bola, bola volley, bola basket, futsal indoor, kolam renang ukuran Olympic. Bagi penggemar aeromodelling dapat memanfaatkan Apron Bandara Budiarto sebagai sarana untuk tempat berlatih.

SARANA IBADAH

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia memiliki sarana ibadah untuk peserta diklat dan masyarakat di sekitar kampus. Yaitu Masjid dengan kapasitas 1000 jamaah, Gereja dan Pura